Perbedaan Best Before dan Expired Date

SEPINTAS - Seputar Info Dan Kreativitas. Sebelum membeli produk makanan atau minuman kemasan terkadang kita selalu memperhatikan tanggal kadaluarsa dari produk-produk tersebut agar terhindar dari keracunan makanan dan minuman. Setiap produk makanan dan minuman selalu tercantum batas tanggal maksimal yang aman untuk dikonsumsi. Bukan cuma makanan dan minuman saja yang ada tanggal kadaluarsanya, termasuk kosmetik dan lain-lain. Kendati demikian, yang perlu kita ketahui tanggal kadalurasanya adalah produk makanan dan minuman karena produk-produk tersebut masuk kedalam tubuh.

best before dan expired dateDalam penulisan kadaluarsa pada produk makanan dan minuman ada dua istilah yang sering kita lihat yaitu "Best Before" dan "Expired Date". Tahukah Anda bahwa kedua istilah tersebut berbeda? Sebagai orang awam, mungkin kita menganggap bahwa best before dan expired date adalah sama yaitu tanggal kadaluarsa, namun anggapan itu tidak tepat. Berikut penjelasannya.




BEST BEFORE
Best before adalah batas tanggal maksimal pada suatu produk makanan atau minuman terhadap kualitas dari produk tersebut. Kualitas meliputi aroma, rasa, warna, kerenyahan, dll. Best before menjamin kesegaran dari produk makanan dan minuman. Apabila telah melewati tanggal best before maka produk makanan dan minuman akan mengalami penurunan kualitas namun tidak berbahaya jika dikonsumsi hanya saja kandungan nutrisi dalam produk tersebut telah berkurang. Tidak berbahaya selama kondisinya belum berubah, tidak bocor, disimpan ditempat yang dianjurkan dan masih tersegel.

baca juga : Manfaat Teh Tawar

EXPIRED DATE
Expired date adalah batas tanggal maksimal pada suatu produk makanan dan minuman terhadap tingkat keamanan dari produk tersebut. Jika best before adalah tanggal penurunan kualitas, maka expired date adalah tanggal dimana produk makanan dan minuman aman untuk dikonsumsi. Produk makanan dan minuman apabila telah lewat masa expired date-nya maka sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi karena sudah mengandung banyak bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

Dalam menentukan tanggal best before dan expired date, produsen makanan dan minuman sudah menghitung secara matematis dalam memasukkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kualitas makanan dan minuman seperti jumlah bakteri, suhu, kelembaban, dsb. Dari hasil perhitungan tersebut maka akan ketahuan tanggal kerusakan terhadap produk makanan dan minuman. Kemudian penentuan tanggal best before dan expired date ditetapkan jauh sebelum produk tersebut benar-benar rusak. Misalnya, roti akan rusak tanggal 11 Oktober maka produsen akan menulis tanggal kadaluarsanya 4 Oktober.

Jadi, best before adalah batas penurunan kualitas sedangkan expired date adalah batas kerusakan pada suatu produk makanan dan minuman. Tanggal best before dan expired date tersebut tidak berlaku lagi ketika kemasannya sudah dalam kondisi terbuka. Disamping itu perlu diperhatikan juga tempat penyimpanan produk hal ini disebabkan karena kecepatan reaksi kimia akan meningkat jika produk tersebut disimpan diatas suhu ruangan atau terkena sinar matahari langsung. Artinya produk tersebut lebih cepat mengalami kerusakan sebelum waktunya.

Itulah perbedaan antara best before dan expired date semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih telah membaca.