Cara Membuat CCTV Menggunakan HP

Tutorial Membuat CCTV

SEPINTAS - Seputar Info Dan Kreativitas.
Iseng-iseng saya merekam lewat hp (sebenarnya bukan hp tapi phablet cuma karena hp lebih umum) tiba-tiba terlintas dibenak "apakah bisa hp dijadikan sebagai CCTV kemudian dipantau lewat laptop?". Akhirnya saya menghampiri mbah google, dan ternyata ada aplikasi android yang bisa menyulap hp menjadi CCTV. Kemudian saya pelajari tutorialnya dengan menghabiskan waktu dari detik ke detik, menit ke menit, hingga akhirnya saya bisa menggunakan hp sebagai mode pengontrol jarak jauh. Maka dari itu terciptalah artikel Cara Membuat CCTV Menggunakan HP. Meskipun kelebihannya tidak sebanding dengan kekurangannya yang penting lumayan buat dipakai memantau jarak jauh. Berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan :
- mudah dipindahkan sesuai keinginan
- praktis
- kamera tetap aktif meskipun dalam keadaan layar terkunci
Kekurangan :
- hp jadi korban
- tidak bisa disimpan ditempat yang tinggi (kalau tinggi susah diambil, trus kalau disimpan ditempat yang terjangkau besar kemungkinan hp akan diambil orang)
- kalau ada panggilan masuk trus yang angkat siapa? hayo?
- baterai. kalau dipakai terus otomatis baterainya akan habis

Sejauh ini cuma itu  kelebihan dan kekurangan yang saya dapatkan. Selebihnya silahkan cari sendiri karena disini saya cuma membahas bagaimana cara membuat hp android menjadi CCTV



Langsung ke TKP...
Hal yang pertama yang harus dipersiapkan adalah aplikasi IP Webcam. Pastikan bahwa di hp anda sudah terinstal IP Webcam. Jika belum, silahkan download dulu aplikasinya di Play Store. Jika sudah terinstal, buka aplikasinya kemudian geser ke menu pengaturan paling bawah lalu pilih "Start server". Nah, sekarang kameranya sudah aktif. Setelah itu bagaimana caranya agar kita bisa melihat tampilannya di laptop? Untuk melihat tampilannya di laptop dibutuhkan sambungan berupa WiFi. Kedua perangkat (hp dan laptop) harus berada di satu jaringan yang sama. WiFi disini ada dua macam, ada yang menggunakan jaringan internet (online) ada juga tanpa menggunakan jaringan internet (offline). Untuk yang menggunakan jaringan internet (jika dirumah anda ada jaringan internetnya) silahkan koneksikan kedua perangkat dijaringan internet yang sama. Dan untuk yang tidak punya internet jangan khawatir, anda masih bisa melakukannya dengan cara membuat jaringan sendiri di hp android dengan kata lain tethering.

Baca juga : Cara Mengirim Data Paling Cepat

Untuk melakukan pemantauan jarak jauh lewat laptop bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pemutar video dan musik yaitu VLC Player atau bisa juga dengan menggunakan web browser. Caranya, buka web browser seperti firefox, chrome, dll. kemudian masukkan link IP Address yang tertera di hp anda ke pencarian web browser. Perhatikan gambar screenshot dibawah ini. Dibagian bawah terdapat link IP. Masukkan link tersebut ke pencarian web browser kemudian tambahkan garis miring lalu ketik video seperti contoh gambar ke dua.

Screenshot IP Webcam pada layar android

Menerapkan alamat IP ke web browser

Sekian tutorial dari saya semoga bermanfaat. Gunakan dengan bijak dan jangan disalahgunakan.