Cara Mengambil Data antar Laptop dan Smartphone Tanpa Bluetooth atau Kabel Data

SEPINTAS - Seputar Info dan Kreativitas. Sebelumnya saya pernah mengalami kendala saat ingin mengambil data menggunakan bluetooth dari laptop ke smartphone android saya. Kendalanya terletak di perangkat bluetooth laptop saya yang tidak bisa menemukan perangkat bluetooth yang aktif. Itu yang pertama, terus masalah yang kedua adalah ketika saya menghubungkan laptop dan smartphone menggunakan kabel data ternyata file yang terkirim selalu rusak alias 'file corrupt'. Akhirnya saya browsing di internet mencari solusi agar saya dapat mengambil data dari laptop ke smartphone maupun sebaliknya. Beruntung saya menemukan aplikasi yang membuat hati saya menjadi bunga yang merekah ditengah gurun pasir.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah solusi bagi anda yang ingin mengambil data tanpa perlu repot-repot mengambil kabel data (itu pun kalau kabel datanya masih bagus, kalau sudah putus gimana??? diputusin pacar aja galau..) atau tanpa harus menunggu lama saat ingin mengambil data menggunakan bluetooth. Nah, solusi yang paling ampuh untuk mengambil data yaitu
dengan cara mentranfer file melalui WiFi. Apa??? WiFi??? berarti harus cari jaringan dulu dong??? Sabar dulu. WiFi disini bukan berarti harus cari jaringan atau online. Maksud WiFi disini adalah Hotspot Pribadi.

Sebelum memulai, anda harus membuat Hotspot Pribadi terlebih dahulu. Setelah itu hubungkan koneksinya ke laptop. Saya akan menjelaskan cara membuat hotspot pribadi tapi versi Android Lollipop. Caranya masuk ke pengaturan android. Selanjutnya pada tab Wireless & Network (Nirkabel & Jaringan) pilih More (Selengkapnya) lalu pilih Hotspot (Hotspot Pribadi). Aktifkan hotspotnya kemudian isi SSID dan kata sandi (bila keamanannya dalam posisi WPA PSK atau WPA2 PSK). Jika sudah terhubung antara laptop dan smartphone, silahkan download ES File Explorer.apk disini. Instal aplikasi tersebut di smartphone anda.

Hotspot Pribadi Android sudah terhubung
Pengaturan Laptop

Klik kanan ikon WiFi dipojok kanan bawah. Kemudian pilih Open Network and Sharing Center.


Setelah muncul jendela baru. Pilih Change Advanced Sharing Setting.


Lalu cari File and Printer Sharing. Ganti Turn Off ke Turn On.



Setelah itu cari lagi Password Protected Sharing. Ganti dari Turn On ke Turn Off. Lalu klik Save Changes.





Tentukan Folder yang akan di Share

Lanjut ke tahap berikutnya yaitu membuat folder yang akan di share. Buat folder baru di dekstop lalu klik kanan folder tersebut kemudian pilih Share with > Specific People.



Pilih Everyone lalu klik Add.



Ubah status permision levelnya menjadi Read/Write



Klik Share dan tunggu prosesnya sampai selesai. Kemudian klik Done.




Langkah selanjutnya yaitu melihat IP komputer untuk dikoneksikan ke server aplikasi ES File Explorer.

Cara melihat IP komputer silahkan buka Command Prompt (CMD) dengan menekan tombol Windows + R. Lalu ketik ipconfig /all kemudian enter. Setelah itu cari IPv4 Address. Disitu tertera angka IP komputer yang nantinya akan dimasukkan ke pengaturan aplikasi ES File Explorer.




Pengaturan Smartphone Android

Silahkan buka aplikasi Dora The Explorer. Eh, maaf maksud saya ES File Explorer. Lalu masuk ke menu pilihan kemudian pilih LAN.


Setelah itu isikan IP komputer sama seperti yang tertera di CMD.


Tekan OK. Maka akan muncul ikon komputer/laptop. Tekan ikon tersebut.


Dan akhirnya anda bisa Mengambil Data antar Laptop dan Smartphone Tanpa Bluetooth atau Kabel Data. Tapi di tutorial yang saya bagikan ini untuk sementara hanya dijelaskan cara mengambil data dari laptop ke smartphone android. Berbeda jika anda ingin mengambil data dari smartphone android ke laptop itu akan saya bahas nanti. Setidaknya anda sudah bisa mengkoneksikan jaringan antara laptop ke smartphone android.

Contoh Folder yang sudah di Share


Sekian dulu tutorial dari saya semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika Anda ingin memberikan Kritik dan Saran..... Tapi JANGAN memberikan komentar yang mengandung SPAM dan SARA....

Terima Kasih Atas Kunjungannya...