Ikan Gabus Mempercepat Proses Penyembuhan Setelah Operasi

SEPINTAS - Seputar Info Dan Kreativitas. Beberapa bulan yang lalu saya mengalami cedera serius dibagian tangan kanan, tepatnya dipangkal ibu jari terkena kaca. Cedera tersebut mengakibatkan tendon-nya putus. Maka dilakukanlah operasi penyambungan tendon. Panjang luka mencapai 6 cm dan kurang lebih 10 jahitan. Proses penyembuhan yang saya alami terbilang lama yaitu satu bulan, sedangkan proses pemulihan otot dan tulang ibu jari memakan waktu tiga bulan lebih. Kenapa saya katakan proses penyembuhannya lama? Karena dua minggu setelah operasi saya dapat informasi dari orang tua mengenai ikan gabus ternyata sangat bagus untuk proses penyembuhan luka. Seandainya waktu itu saya makan ikan gabus pada saat setelah selesai operasi kemungkinan besar lukanya akan sembuh dalam waktu dua minggu.

Setelah saya rutin makan ikan gabus selama satu minggu, lukanya berangsur-angsur mengering. Apa yang menyebabkan ikan gabus sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan terhadap luka? Disini saya akan mengulas secara ringkas dari berbagai sumber yang saya dapat mengenai kandungan ikan gabus.



Kandungan Ikan Gabus


Ikan gabus merupakan ikan predator yang hidup di air tawar. Tidak banyak orang yang membudidayakan ikan tawar ini karena ikan ini hidup secara liar diberbagai daerah dan bisa ditemukan didanau, sungai, rawa, saluran air maupun di sawah. Dibalik kehidupannya yang liar tersimpan kandungan yang sangat dibutuhkan bagi pasien pasca operasi yaitu Albumin. Albumin adalah protein utama yang terdapat dalam plasma darah manusia. Tubuh kita membutuhkan protein yang banyak ketika sedang dalam proses penyembuhan pasca operasi. Protein sangat diperlukan sel-sel untuk tumbuh dan juga untuk menjaga membran sel. Jika dibandingkan dengan kadar protein yang terdapat pada makanan yang lain, ikan gabuslah yang memiliki kadar protein yang lebih tinggi. Kandungan protein albumin ikan gabus per 100 gram adalah 25,2 gram. Bandingkan dengan telur dalam 100 gram terdapat 12,8 protein, kemudian daging sapi per 100 gram hanya 18,8 gram protein. Inilah sebabnya mengapa pasien pasca operasi dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan gabus selama proses penyembuhan. Kandungan protein albumin pada ikan gabus sangat membantu meregenerasi sel-sel yang mati. Sehingga sel yang rusak akibat luka atau sehabis operasi bisa cepat sembuh.

baca juga : Manfaat Teh Tawar

Berdasarkan hasil penelitian Prof. DR. Dr. Nurpudji dari Universitas Hasanuddin, Makassar, menunjukkan bahwa kadar protein albumin pada pasien di RS. Wahidin Sudirohusodo mengalami peningkatan setelah mengkonsumsi ikan gabus, sehingga mempercepat proses penyembuhan pasien.

Manfaat mengkonsumsi ikan gabus diantaranya adalah:

  1. Mempercepat proses penyembuhan pasca operasi
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
  3. Memperbaiki serta mencegah gizi buruk
  4. Pembentukan dan pertumbuhan otot
  5. Mendukung pertumbuhan balita
Itulah kandungan serta manfaat ikan gabus. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih telah membaca.